Cara Mengosongkan Hard Drive Space PC dan Tips & Trik Membebaskan Disk Space

Hard drive atau HDD memiliki kapasitas yang semakin besar dan lebih besar. Tetapi entah bagaimana space hard disk selalu saja terisi dan terkadang baru terasa ketika kita benar-benar membutuhkan space hard drive untuk hal-hal penting. Hal ini akan lebih terasa jika Anda menggunakan solid-state drive (SSD), yang memiliki hard drive space jauh lebih sedikit daripada hard drive mekanis tradisional.

Cara Untuk Mengosongkan Space Hard Disk Di Windows

Cara Untuk Mengosongkan Ruang Hard Disk Di Windows


Jika Anda ingin mengosongkan atau setidaknya memberikan ruang pada hard drive yang mungkin dapat anda gunakan untuk mengisi file lainnya, trik dalam artikel kali ini akan membantu Anda mengosongkan ruang untuk file dan program penting dengan menghapus sampah yang tidak penting.

Karena file yang anda delete dan masuk ke recycle bin sebenarnya belum benar-benar terhapus, dan hal tersebut masih memakan ruang pada hard disk anda hingga anda mengosongkan atau melakukan empry recycle bin. Tidak hanya itu, file-file program atau aplikasi yang membutuhkan update atau Windows update memiliki file cache yang dapat mengisi ruang hard disk anda.

Untuk itu, berikut merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghapus file-file sampah dan file yang sudah tidak penting untuk memberikan ruang pada hard disk:

Menjalankan Disk Cleanup

Windows menyertakan tools bawaan yang dapat menghapus file sementara dan data tidak penting lainnya.
  1. Untuk mengaksesnya, klik kanan salah satu hard drive Anda di jendela Komputer dan pilih Properties. Atau Anda bisa mencari Disk Cleanup di Start Menu.

    Cara mengakses Disk Clean Up Untuk Mengosongkan Space Hard Disk Di Windows
  2. Klik tombol Disk Cleanup di jendela properti disk.

    Disk Clean Up Untuk Mengosongkan Space Hard Disk Di Windows
  3. Pilih jenis file yang ingin Anda hapus dan klik OK. Ini akan menghapus file sementara, file log, file di recycle bin, dan file tidak penting lainnya.
  4. Anda juga dapat membersihkan file sistem, yang tidak muncul dalam daftar ini. Klik tombol Clean up System Files jika Anda juga ingin menghapus file sistem.

Anda juga dapat mengklik tombol More Options dan menggunakan tombol Clean up pada System Restore and  Shadow Copies untuk menghapus data yang digunakan untuk pemulihan sistem.

Mengosongkan space hard disk dengan clean up pada System Restore and  Shadow Copies

Tombol ini akan menghapus semua restore point kecuali restore point terbaru. Jadi pastikan komputer Anda berfungsi dengan baik sebelum menggunakannya. Karena Anda tidak akan dapat menggunakan titik pemulihan sistem atau restore point lama.

Pada versi Windows berikutnya fitur ini dikabarkan akan dihilangkan, dan disk clean up akan sepenuhnya digantikan oleh fitur Storage Sense. Sebenarnya fitur ini hampir sama dengan disk clean up hanya saja pada Storage Sense anda dapat mengatur berapa lama file sampah akan dihapuskan secara otomatis.

Uninstall Aplikasi yang Memakan Hard Disk Space Besar

Menghapus instalasi program akan memberikan ruang, tetapi beberapa program hanya menggunakan ruang hard drive sangat sedikit. Dari panel kontrol Programs and Features, Anda dapat mengklik kolom Size untuk melihat seberapa banyak ruang yang digunakan pada setiap program yang diinstal pada komputer.

Mengosongkan hard disk dengan menghapus aplikasi melalui programs and features


Untuk Windows 10 cara termudah untuk mengakses pengaturan ini adalah klik kanan pada Start Menu. Jika menggunakan selain Windows 10, cara membukanya adalah mencari "Uninstall programs" di Start Menu.

Mengakses programs and features untuk mengosongkan hard disk space

Jika Anda tidak melihat kolom Size pada jendela seperti diatas, klik tombol opsi di sudut kanan atas (sebelah kiri get help) dan pilih tampilan Details. Jika diperhatikan, mungkin Anda akan menemukan ada beberapa program yang tidak terlihat jumlah ruang digunakan. Hal ini memungkinkan suatu program dapat menggunakan banyak ruang dan informasinya tidak muncul di kolom Size.

Jika menggunakan Windows 10, didalam pengaturan ini memungkinkan Anda untuk menghapus aplikasi dari Windows Store atau aplikasi biasa.

Hapus program atau aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan aplikasi yang hanya sekali saja anda gunakan setelah menginstalnya. Aplikasi yang hanya sekali saja anda gunakan setelah menginstal ini sering kali dilupakan, dan ketika anda butuh aplikasi lain dan hanya menggunakannya sekali dan anda akan menginstalnya, hal ini akan mengisi ruang hard disk anda.

Anda juga dapat menggunakan uninstaller pihak ketiga seperti Revo Uninstaller untuk memastikan file sisa benar-benar terhapus dan tidak membuang-buang ruang.

Menganalisis Ruang Disk

Untuk mengetahui apa yang terdapat pada ruang pada hard drive, Anda dapat menggunakan program analisis hard disk. Aplikasi ini digunakan untuk men-scan atau memindai hard drive dan menampilkan file dan folder mana yang paling banyak menghabiskan space. Anda dapat mencoba WinDirStat.

Menganalisis Disk space menggunakan WinDirStat
Setelah melakukan scan terhadap sistem Anda, WinDirStat menunjukkan kepada Anda folder, tipe file, dan file mana yang paling banyak menggunakan ruang pada komputer. Pastikan untuk tidak menghapus file sistem penting, hanya hapus file data pribadi saja. Jika pada folder program di folder Program Files menggunakan banyak ruang, Anda dapat menghapus instalan program tersebut. WinDirStat dapat memberikan informasi seberapa banyak ruang yang digunakan suatu program, bahkan jika informasi size tidak muncul pada Programs and Features.

Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ini sebaiknya anda mengetahui apa yang akan dihapus. Karena jika tidak berhati-hati anda dapat menghapus file sistem yang kemungkinan dibutuhkan oleh Windows atau sistem lainnya yang mengakibatkan kerusakan file atau bahkan anda tidak dapat menjalankan Windows sama sekali.

(Download WinDirStat dari Ninite)

Membersihkan Temporary Files (File Sementara)

Windows Disk Clean Up tool sangat berguna, tetapi tidak menghapus file sementara yang digunakan oleh program lain. Misalnya, disk clean up tidak menghapus cache browser pada Firefox atau Chrome, yang dapat menggunakan ruang hard disk bergiga-giga jika tidak pernah dibersihkan. Browser cache menggunakan ruang hard disk untuk menghemat waktu saat mengakses situs web.

Membersihkan file temporary dapat memberikan ruang yang cukup banyak pada hard disk anda, apa lagi anda tidak pernah membersihkan file sementara ini dari pertama setelah anda menginstal Windows dan sering berjelajah di internet.

Untuk pembersihan file sampah, coba gunakan aplikasi CCleaner. CCleaner mampu untuk membersihkan file sampah dari berbagai program pihak ketiga seperti, browser google chrome, firefox, dan sebagainya, juga dapat membersihkan file Windows yang tidak tersentuh oleh Disk Cleanup.

Mengurangi Jumlah Ruang yang Digunakan untuk Pemulihan Sistem

Jika system restore menghabiskan banyak ruang hard drive untuk system restore point, Anda dapat mengurangi jumlah ruang hard disk yang dialokasikan untuk system restore. Imbasnya adalah memiliki lebih sedikit titik pemulihan untuk memulihkan sistem anda dari dan lebih sedikit file yang akan dipulihkan. Tetapi jika menganggap fitur ini tidak begitu penting bagi Anda dibandingkan ruang hard disk yang digunakan, Anda mungkin dapat mengosongkan beberapa gigabytes dengan mengurangi jumlah ruang yang digunakan System Restore.

System restore point memiliki pengaturan yang dapat membuat titik point secara otomatis di waktu tertentu menurut settingan anda. Hal ini dapat mengisi cukup besar hard disk anda. Fitur ini juga tergantung pengaturan anda dalam menyediakan ruang yang khusus untuk digunakan sebagai titik pemulihan atau restore point ini.

Jadi sebaiknya menonaktifkan pembuatan titik pemulihan yang secara berkala ini dan membuatnya secara manual. Dengan begitu anda dapat mengontrol dan memberikan ruang kosong untuk hard disk anda.

Menonaktifkan Fitur Windows

Trik ini pasti akan menghemat ruang hard disk Anda lebih banyak dengan menonaktifkan beberapa fitur Windows yang bisa dianggap cukup penting. Tetapi hal ini tidak begitu direkomendasikan untuk penggunaannya, namun jika anda sangat membutuhkan disk space, mungkin hal ini dapat membantu anda memberi ruang hard disk:

  1. Disable Hibernation - Ketika melakukan hibernasi sistem, proses tersebut akan menyimpan apa yang ada di RAM ke hard drive Anda. Ini memungkinkannya untuk menyimpan status sistemnya tanpa penggunaan daya apa pun. Ketika mem-boot kembali komputer, Anda akan kembali ke posisi terakhir dengan program apapun yang dibuka ketika melakukan hibernate. Windows menyimpan isi konten RAM Anda dalam file C:\hiberfil.sys. Untuk menghemat ruang hard drive, Anda dapat menonaktifkan hibernate sepenuhnya, dengan menghapus file tersebut.
  2. Menonaktifkan System Restore - Anda dapat menonaktifkan System Restore atau Pemulihan Sistem sepenuhnya. Namun, Anda akan kurang beruntung jika perlu menggunakan Pemulihan Sistem untuk memulihkan sistem Anda ke keadaan sebelumnya, jadi berhati-hatilah.

Kontrol Ruang Hard Disk Anda

Dengan sedikit perhatian dari anda pada ruang dan kapasitas hard disk anda dapat membantu untuk menjaga ruang kosong selalu tersedia ketika anda benar-benar sedang membutuhkan ruang hard disk. Melakukan disk clean up secara berkala, menghapus aplikasi yang hanya sekali pakai, dan untuk lebih memudahkan anda, gunakan ccleaner. Gunakan ccleaner secara berkala untuk membersihkan file-file sampah dan file temporary agar tidak memenuhi ruang hard disk anda.

Demikian artikel dari Cara Mengosongkan Hard Drive Space PC dan Tips & Trik Mengatur Disk Space. Semoga dapat membantu untuk mengosongkan dan mengatur space pada hard disk Anda.


EmoticonEmoticon