Cara Hard Refresh Browser di Google Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge

Web browser biasanya men-download dan menyimpan sebuah halaman web yang kunjungi di komputer sebagai cara untuk meningkatkan kecepatan web tersebut. Proses ini disebut sebagai caching. Meskipun ini adalah fungsi yang sangat membantu, terkadang hal ini juga bisa menjadi masalah bagi developer.


hard refresh illustration
Sumber: pikpng


Cara Hard Refresh Browser


Saat dalam mode development, perubahan yang anda buat pada CSS atau JavaScript mungkin kadang tidak terlihat di browser. Karena browser cenderung memuat halaman yang di-cache. Untuk dapat melihat perubahan yang telah dibuat, harus dilakukan yang namanya hard refresh.


Apa itu hard refresh browser?


Hard refresh merupakan cara untuk menghapus cache browser untuk halaman tertentu dan memuat halaman web versi terbaru yang menyertakan perubahan pada stylesheet atau script lainnya. Terkadang ketika situs web di-update, perubahan tidak langsung terlihat karena browser masih menggunakan versi halaman yang lebih lama yang membantu browser dapat memuat halaman lebih cepat.

Sekedar mengeklik refresh atau menekan F5 bukanlah merupakan hard refresh. Melakukan refresh biasanya akan tetap memuat beberapa script tersimpan di cache browser anda.


Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti ketika melakukan hard refresh di Chrome, Firefox, dan Edge.


Di bawah berikut merupakan cara untuk melakukan hard refresh di browser Google Chrome, Mozilla, dan Edge?


Di Chrome

Sistem operasi Windows dan Linux,

  • Tahan tombol CTRL dan kemudian klik tombol muat ulang.
  • Atau, tahan tombol CTRL lalu tekan tombol F5.

Cara lain untuk melakukan hard refresh adalah dengan membuka Developer Tools Chrome (tekan F 12) dan kemudian mengklik kanan pada tombol refresh. Dari daftar drop-down, pilih "hard reload."


Untuk pengguna Mac,

  • Tahan tombol Shift dan kemudian klik tombol reload.
  • Atau, tahan tombol Cmd lalu tekan tombol R.

Mozilla Firefox

Sistem operasi Windows atau Linux,

  • Tahan tombol Ctrl dan kemudian tekan F5.
  • Atau, tahan tombol Shift dan tombol Ctrl, lalu tekan tombol R.

di Mac,

  • Menahan tombol Shift, klik tombol muat ulang
  • Atau, tahan tombol Cmd dan Shift lalu tekan tombol R.

Microsoft Edge

Melakukan hard refresh pada Edge / Internet Explorer menggunakan cara yang sama di berbagai sistem operasi.


  • Tahan tombol Ctrl dan kemudian tekan tombol F5 anda.
  • Atau, tahan tombol Ctrl dan kemudian klik tombol Refresh.

Melakukan hard refresh kemungkinan besar selalu berhasil. Namun, ada beberapa keadaan di mana anda dapat melakukan langkah-langkah yang disarankan di atas dan tetap tidak melihat perubahan setelah memuat ulang halaman web yang diedit. Jika ini terjadi, anda mungkin harus mencoba memuat halaman di browser lain atau mengambil cara yang lebih panjang untuk menghapus semua cache browser anda.


Apakah perlu melakukan hard refresh di browser saya?


Hard refresh mengacu pada proses membersihkan cache browser pada halaman tertentu untuk membuatnya memuat versi terbaru daripada versi cache halaman. Hard refresh biasanya selalu berhasil, tetapi dalam beberapa kasus, mungkin memerlukan penghapusan semua cache di browser anda.


Cache pada browser juga menimbulkan risiko bagi pengguna. Karena jika seseorang mendapatkan akses ke komputer anda, yang perlu dilakukan untuk dapat melihat beberapa data pribadi anda, adalah membuka folder cache. Ini merupakan alasan mengapa mungkin untuk menghapus cache browser.


Selain itu, karena browser juga menyimpan lebih banyak data, browser menjadi semakin berat seiring waktu. Karena itu, menghapus cache dapat membebaskan ruang pada hard disk dan dapat membantu anda untuk memiliki pengalaman menjelajah yang lebih cepat.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon