Apa itu WebView Sistem Android?

Tags

Saat anda melakukan update update di Google Play Store, pasti pernah melihat aplikasi WebView Sistem Android yang di daftar update. Mungkin anda tidak terlalu yakin dengan aplikasi tersebut atau apakah harus di-uninstall atau tidak. Apakah aplikasi ini bukan virus atau malware? WebView Sistem Android adalah sesuatu yang ingin tetap ada di perangkat Android anda.

Versi Android setelah Nougat tidak mencantumkan aplikasi secara terpisah. Namun, aplikasi tersebut sebenarnya sudah terpasang, bahkan pada versi ini.

Aplikasi WebView Sistem Android di Google Play Store


Apa itu WebView Sistem Android?


WebView Sistem Android merupakan versi Chrome yang lebih kecil yang memungkinkan membuka link dalam aplikasi yang anda gunakan sehingga tidak perlu keluar dari aplikasi. Ketika anda mengeklik sebuah link di suatu aplikasi, itu akan membuka WebView dalam aplikasi tersebut seolah-olah itu adalah browser. Jadi aplikasi ini bukanlah virus atau malware yang ada di perangkat Android anda.


Satu hal yang perlu diketahui adalah bahwa setiap aplikasi mungkin tidak memiliki dukungan dari WebView, inilah mengapa link-link dari beberapa aplikasi akan meminta anda untuk membukanya di browser Chrome atau browser lain yang bukan dari dalam aplikasi. Terkadang beberapa pengguna Android tidak tahu untuk apa aplikasi tersebut dan menganggapnya sebagai aplikasi yang tidak berguna. WebView Sistem Android adalah aplikasi yang harus dimiliki, karena jika sembarangan menghapus dapat menyebabkan beberapa aplikasi yang menggunakan WebView Sistem Android tidak bekerja dengan semestinya.



Apakah Bisa Menghapus WebView Sistem Android di HP Anda?


Anda tidak dapat menghilangkan WebView Sistem Android sepenuhnya. Anda hanya dapat menghapus atau menghilangkan update dan bukan menghapus aplikasi itu sendiri. Karena ini merupakan aplikasi sistem, artinya tidak dapat dihapus. 


WebView Sistem Android bukan sebuah bloatware, yang sering bisa di hapus tanpa melakukan root perangkat Android. Hal paling maksimal yang dapat dilakukan hanyalah menonaktifkannya. Jika anda menonaktifkan atau di perangkat tidak terdapat aplikasi WebView Sistem Android, anda mungkin menjalankan versi Android yang WebView dibangun di Chrome sebagai gantinya.


Apabila anda ingin menghapus instalannya, buka Pengaturan >> Manajer Aplikasi >> Info Aplikasi >> WebView Sistem Android. Aplikasi tersebut biasanya berada di dekat bagian atas. Ketuk dan pilih tombol Uninstall (Jika anda tidak melakukan root pada perangkat Android, maka anda hanya bisa menonaktifkannya saja).


Menonaktfikan WebView Sistem Android di pengaturan


Jika Perngakat Android dengan versi Nougat atau di atasnya, maka aman untuk menonaktifkannya aplikasi WebView Sistem Android. Karena saat anda membuka sebuah tautan atau halaman web yang ada di aplikasi yang menggunakan WebView Sistem Android akan meminta anda diberikan pilihan untuk membukanya lewat aplikasi browser yang terinstal di perangkat Android anda. Tetapi jika menggunakan versi yang lebih lama dari Nougat (Android 7), sebaiknya biarkan apa adanya, karena kemungkinan dapat menyebabkan aplikasi yang bergantung padanya tidak berfungsi dengan benar atau dapat mengalami error. Jika Anda menonaktifkan Google Chrome dan ingin menggunakan browser lain, sebaiknya simpan aplikasi WebView Sistem Android karena tidak akan memiliki fungsionalitas WebView Chrome.


Terkadang aplikasi WebView Sistem Android ini memiliki bug di update terbarunya dan mungkin dapat mempengaruhi dan menyebabkan error di beberapa aplikasi yang sering digunakan. Tetapi biasanya akan langsung diperbaiki di update WebView Sistem Android berikutnya.


Apabila anda benar-benar khawatir atau aplikasi WebView Sistem Android menjadi salah satu penyebab kesalahan pada aplikasi yang sering anda gunakan, sebaiknya di nonaktifkan saja. Jika tidak terjadi masalah dengan aplikasi yang anda gunakan, maka biarkan saja. Ingatlah bahwa terkadang, saat update sistem Android dapat mengaktifkan kembali dan memperbarui aplikasi sistem seperti WebView. Anda tetap bisa dengan mudah menonaktifkannya lagi jika ini terjadi.


EmoticonEmoticon