Menyembunyikan Status Online WhatsApp

Jika anda ingin menyembunyikan status online di WhatsApp bahkan saat aktif menggunakan WhatsApp. Pada artikel ini, akan membahas apakah bisa menyembunyikan status online di WhatsApp anda, dan bagaimana caranya menyembunyikan aktivitas online di aplikasi chat WhatsApp.

Cara Menyembunyikan Status Online di Whatsapp


WhatsApp hanya mengijinkan untuk bisa menyembunyikan informasi terakhir dilihat dari semua orang, atau orang yang tidak terdaftar dalam  kontak Anda. Tetapi sampai saat ini, tidak ada opsi privasi untuk menyembunyikan status online saat aktif di  aplikasi chat WhatsApp.

Meskipun demikian, masih ada cara lainnya untuk melindungi aktivitas online Anda di WhatsApp. Jelajahi beberapa cara di bawah ini.


Sembunyikan status online di WhatsApp dengan Mode Pesawat


Jika anda ingin memeriksa pesan masuk di WhatsApp tanpa harus segera membalasnya, anda dapat menyembunyikan status online WhatsApp dengan cara mengaktifkan mode Pesawat sebelum membuka aplikasi WhatsApp.


Saat dalam mode Pesawat, anda dapat memeriksa pesan masuk tanpa harus khawatir orang yang ada di daftar kontak anda atau orang lain yang melihat status online anda. Apabila opsi unduhan media otomatis diaktifkan di pengaturan WhatsApp, anda dapat melihat foto dan video yang dikirimkan ke anda.


Anda tetap dapat menanggapi dan mengirim pesan saat dalam mode Pesawat, tetapi pesan akan terikirim saat anda sudah menonaktifkan mode Pesawat.


Untuk mengaktifkan mode Pesawat di perangkat iPhone, buka aplikasi Pengaturan dan tap pada sakelar mode Pesawat. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mode Pesawat dari Pusat Kontrol.


Jika anda menggunakan perangkat Android untuk mengaktifkan mode pesawat, buka aplikasi Pengaturan, pilih Koneksi, dan ketuk pada sakelar untuk mengaktifkan mode Pesawat. Anda juga dapat menurunkan bayangan pemberitahuan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode Pesawat.


Setelah anda selesai memeriksa pesan masuk di WhatsApp, jangan lupa untuk menutup aplikasi sepenuhnya dengan membuka layar aplikasi terbaru dan menggesek aplikasi, sebelum menonaktifkan mode Pesawat lagi.


Sembunyikan status online WhatsApp dengan fitur notifikasi


Anda dapat menghindari orang lain di dalam kontak anda saat ingin membalas pesan di WhatsApp dengan cukup mudah. Yang anda harus lakukan adalah dengan mengaktifkan fitur notifikasi pesan masuk WhatsApp. Pastikan notifikasi pesan sudah diaktifkan dengan cara masuk ke Pengaturan > Aplikasi > pilih WhatsApp dan cek apakah notifikasi aplikasi sudah aktif atau belum.


Setelah aktif, saat anda menerima pesan WhatsApp masuk akan muncul di panel notifikasi. Anda dapat membalasnya dari panel notifikasi tersebut tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp sama sekali. Ketuk menu drop down, lalu pilih tab balas, anda akan dapat menulis dan mengirim pesan. 



Karena anda sama sekali tidak membuka WhatsApp, maka status online dan terakhir dilihat tidak akan terpengaruh.


Menggunakan aplikasi WhatsApp yang dimodifikasi


Anda dapat menggunakan aplikasi WhatsApp yang dimodifikasi, seperti WhatsApp++ (iOS) atau GBWhatsApp (Android) untuk menyembunyikan status online di WhatsApp. Aplikasi ini tidak resmi dari Whatsapp, dan dikembangkan oleh pengembang pihak ketiga dan biasanya tidak ditemukan di App Store atau Play Store.


Setelah menginstal salah satu aplikasi modifikasi dan masuk ke dalamnya dengan nomor telepon, anda akan dapat mengatur fitur privasi, termasuk menyembunyikan status online anda di WhatsApp.


Catatan: Karena WhatsApp++ atau GBWhatsApp tidak didukung oleh WhatsApp. Aplikasi WhatsApp telah melarang untuk menggunakan aplikasi semacam itu untuk masuk ke WhatsApp. Pelarangan tersebut karena beberapa alasan seperti:

  • Enkripsi yang mungkin sudah dikompromikan karena implementasi yang dimodifikasi. 
  • WhatsApp bisa saja memblokir pengguna aplikasi WhatsApp yang dimodifikasi kapan saja.
Tidak disarankan untuk menggunakan aplikasi WhatApp modifikasi. Jika anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi WhatsApp modifikasi, resiko ditanggung anda sendiri.


Sembunyikan Tampilan Terakhir Anda di WhatsApp


Mungkin anda tidak dapat menyembunyikan status online sepenuhnya di WhatsApp. Tetapi anda dapat menyembunyikan status terakhir dilihat di aplikasi WhatsApp resmi kapan saja.


Ketika status terakhir dilihat disembunyikan, orang lain yang tidak memenuhi syarat untuk melihat status terakhir anda, tidak akan dapat melihat stempel waktu saat anda aktif terakhir kali. Namun, orang lain tetap bisa melihat kapan saja saat online di WhatsApp jika mereka membuka obrolan anda.


Berikut adalah cara untuk mengubah status Terakhir dilihat anda di WhatsApp:

  1. Buka WhatsApp dan ketuk tiga titik yang ada di sudut kanan atas, lalu ketuk Pengaturan.
  2. Buka Akun > Privasi.
  3. Ketuk Terakhir Dilihat, dan atur tingkat orang yang dapat melihat status terakhir dilihat anda sebagai Kontak Saya atau Tidak Ada.

Setelah mengatur status terakhir dilihat, hanya orang yang ada di kontak (jika memilih Kontak Saya) atau tidak seorang pun (jika memilih Tidak Ada) yang dapat melihat status terakhir dilihat anda. Jika anda tidak mengijinkan orang lain melihat status terakhir dilihat, anda juga tidak dapat melihat status terakhir dilihat orang lain.


EmoticonEmoticon