Apa Itu Google Assistant dan Cara Mematikannya

Google Assistant atau Asisten Google dapat membantu anda dalam bermacam-macam kegiatan seperti, membuat jadwal kegiatan, memutar music, atau bahkan menjawab pertanyaan dan mencari tutorial, resep masakan dan sebagainya.


Cara Mengaktifkan dan Mematikan Google Assistant

Apa itu Google Assistant


Google Assistan merupakan sebuah aplikasi asisten virtual dari Google. Aplikasi ini dapat digunakan pada Android, iOS, maupun perangkat smart home seperti smart TV dan smart speaker. Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi ini dengan membantu anda dalam berbagai hal.

Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan sebagai pencarian saja tetapi juga membangun ekosistem pintar pada perangkat yang mendukungnya. Dengan aktivasi suara dapat membantu anda untuk melakukan pencarian di internet. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk menyatukan sistem diberbagai perangkat.

Cara Menggunakan Google Assistant


Untuk mengaktifkan Google Assistant, anda cukup mengucapkan kata kunci seperti "OK, Google" atau "Hey, Google" dan masukkan pertanyaan atau pencarian yang ingin dilakukan. 

Selain menggunakan aktivasi suara, anda dapat mengaktifkannya di perangkat ponsel pintar dengan menekan tombol home beberapa saat. Hal ini dapat membantu jika aktivasi suara tidak dapat mengakses Google Assistant.

Jika anda menggunakan smart speaker dan headphone, aktivasi suara akan dinyalakan secara default, namun aktivasi suara dapat dinyalakan atau dimatikan melalui setting di smartphone.

Cara Mematikan Google Assistant


Untuk mematikan fitur ini bisa dibilang cukup mudah, tetapi pilihan untuk mematikannya cukup susah untuk dicari karena anda harus masuk di Setting Google Assistant cukup dalam. Ikuti langkah dibawah ini untuk mematikan Google Assistant.
  1. Jalankan Google Assistant dengan menekan tombol home atau aktivasi suara.
  2. Ketuk pada ikon kompas dibagian kanan bawah.
  3. Lalu ketuk pada foto profil di kanan atas dan pilih Setting atau Pengaturan.
  4. Masuk ke tab Assistant.
  5. Scroll kebawah, cari bagian Assistant Device dan pilih perangkat.
    Cara Mematikan Google Assistant
  6. Geser slider yang ada disebelah Google Assistant.
    Cara Menonaktifkan Google Assistant

Google Assistant merupakan aplikasi yang cukup berguna untuk smartphone maupun perangkat pintar lainnya. Tool yang cukup membatu dan mempermudah pencarian dengan suara dan bermanfaat untuk membuat jadwal rutin harian anda. 


EmoticonEmoticon