Cara Mengetahui Versi Windows yang Sedang Digunakan

Terkadang kita penasaran dan ingin tahu tentang versi Windows yang ada di komputer atau laptop. Karena mungkin tidak mudah untuk mengingat angka-angka versi Windows yang sedang dipakai. Beberapa versi Windows memiliki nama-nama kode, jika anda ingin menginstal aplikasi atau program, anda juga harus tahu versi Windows yang sedang dipakai.

Cara Mengetahui Versi Windows

Mengecek Versi Windows di Komputer atau Laptop


Untuk mengecek versi Windows cukuplah mudah, dan anda dapat menggunakan cara ini untuk berbagai versi Windows yang sedang dipakai. Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk menampilkan kotak dialog Run. Setelah muncul ketik winver untuk mengetahui versi Windows dan berbagai informasi tentang Windows yang sedang digunakan.

Berikut beberapa versi Windows dan bagaimana cara untuk mengecek versi Windows di setiap versinya.

Cek Versi Windows 10


Terkadang saat kita membeli komputer atau laptop sudah terpasang Windows 10. Pada saat ini Windows 10 paling banyak digunakan. Karena pada versi ini merupakan versi yang diyakini versi Windows yang paling bagus.

Cara Mengetahui Versi Windows 10

Untuk mengetahui informasi sistem yang sedang digunakan pada Windows 10 klik kanan pada menu Start > Settings > ketik Windows version pada kotak pencarian di Settings. Setelah itu anda akan dapat melihat sistem yang sedang digunakan, apakah itu Windows 32-bit atau 64-bit.

Cek Versi Windows 8 atau 8.1


Pada Windows 8 anda tidak akan melihat tombol menu Start, sedangkan Windows 8.1 menu Start terletak di kiri bawah seperti Windows lainnya. Versi ini pada mulanya dioptimalkan untuk perangkat yang support dengan touch screen. 

Untuk mengeceknya, masuk ke Control Panel dan cari System. Windows 8 dan 8.1 memiliki versi dengan angkan 6.2 dan 6.3.

Cek Versi Windows 7


Bertahun-tahun Windows 7 merupakan pilihan banyak kalangan dari bisnis hingga pengguna personal. Karena Windows 7 dianggap versi Windows yang paling stabil dan user-friendly, memiliki kompatibilitas dari aplikasi program lama dan baru.

Cek Versi Windows 7 dengan masuk ke Control Panel melalui menu Start atau menu Run dengan menekan Windows + R dan ketik Control Panel dan masuk ke System. Dari sini anda akan dapat melihat versi Windows yang digunakan, apakah itu 32-bit atau 64-bit. Sedangkan angka untuk versi Window 7 ini adalah 6.1.

Cek Versi Windows XP


Jika anda menggunakan komputer atau laptop dengan Windows XP, klik menu Start dan masuk ke Control Panel dan periksa arsitektur pada Windows XP. Untuk Windows XP 32-bit versi angkanya adalah 5.1 sedangkan 64-bit adalah 5.2.

Untuk mengakses berbagai macam informasi hardware dan sistem yang terpasang pada komputer atau laptop secara lengkap, tekan tombol Windows + R secara bersamaan lalu ketik dxdiag. Cara ini dapat digunakan untuk semua versi Windows.


EmoticonEmoticon