Mempercepat Startup pada Windows 10 dengan Mudah dan Simpel

Memuat semua aplikasi Anda dengan Windows membuat aplikasi tersebut lebih cepat loadingnya ketika Anda ingin menggunakannya, tetapi akan memperlambat saat startup Windows itu sendiri. Kami akan menjelaskan cara mengelola program startup Anda untuk membuat boot Windows Anda lebih cepat dan mengatasi booting lama pada Windows 10.

Mempercepat Startup pada Windows 10

Fitur-fitur teknis, seperti CPU, RAM, hard drive, dll, memiliki dampak tbesar pada kecepatan dan waktu yang dibutuhkan untuk startup komputer. Namun, Windows 10 merupakan fast operating system, memiliki banyak program yang startup bersamaan dengan saat anda melakukan boot sistem operasi dan dapat mengurangi kecepatan. Dengan begitu, anda harus menonaktifkan program startup jika anda tidak sering atau mungkin tidak pernah menggunakannya sama sekali.

Cara Mempercepat Startup pada Windows


Beberapa program atau proses sangat penting untuk menjaga sistem tetap stabil dan bekerja secara efisien. Namun, ada banyak aplikasi lain yang tidak digunakan setiap hari. Atau Anda mungkin telah menginstal program tertentu, seperti Skype atau Torrents, dan tidak menggunakannya lagi. Namun, mereka diluncurkan dan terus berjalan di background sejak Windows di-boot.

Saat menginstal software baru, biasanya akan muncul dialog apakah mereka ingin menjalankan program saat startup atau tidak. Namun, sebagian besar orang tidak memperhatikan dengan baik pengaturan perangkat lunak. Seringkali instalasi Wizards termasuk pengaturan yang telah dipilih sebelumnya yang mengatur program untuk dijalankan pada startup sistem.

Mengklik tombol "Next" tanpa membaca dan menginstal program lebih cepat, pengguna biasanya mengatur aplikasi untuk boot bersama dengan komputer. Itu mungkin akan berdampak pada kecepatan ketika startup.

Namun, sebelum menonaktifkan program dan aplikasi startup, Anda harus melihat efek dari Startup mereka. Beberapa program atau proses mungkin tidak mempengaruhi kecepatan boot. Jadi, tidak perlu untuk menonaktifkannya.

Disable Startup Program

Disable program startup di Windows 10 bukanlah sesuatu yang sulit. Anda harus memeriksa efek-nya pada startup. Anda dapat melakukannya dengan mengakses pengaturan Startup melalui Task Manager.
  1. Buka Task Manager dengan menekan Ctrl + Shift + Esc pada keyboard.
  2. Di jendela dialog, buka tab Startup tempat Anda dapat melihat daftar program. Pertama-tama, lihat kolom terakhir di sebelah kanan. Ini menunjukan dampak Startup. Jadi, jika Anda melihat "None," Anda tidak perlu menonaktifkan program-program ini. Mereka tidak bertanggung jawab atas kecepatan startup lambat.

    Cara disable startup program Windows 10
  3. Setelah Anda menemukan program yang secara negatif mempengaruhi kecepatan startup, Anda dapat mengklik kanan. Dari menu drop-down, pilih opsi "Disable".
Hanya dalam tiga langkah sederhana, Anda dapat menonaktifkan aplikasi startup dan mempercepat komputer Anda setidaknya sedikit.

Namun, jika Anda perlu untuk mengaktifkan program-program kembali, Anda dapat melakukannya juga. Untuk mengaktifkan aplikasi startup, Anda harus mengikuti langkah-langkah serupa ini:

  1. Akses Task Manager.
  2. Buka tab Startup.
  3. Klik kanan program yang ingin Anda aktifkan saat startup. Dari menu drop-down, pilih opsi "Enable".

Seperti yang Anda lihat, Enable/ Disable program startup itu mudah. Dengan begitu, Anda dapat bermain game dan meningkatkan kinerja komputer Anda.

Jika startup Anda masih berasa lambat coba cek kembali pada Task Manager. Apa bila pada Disk Usage mencapai 100% coba Cara Mengatasi 100% Disk Usage.

Selalu perhatikan setiap anda meng-install program atau aplikasi baru dalam sistem anda, karena bisa saja aplikasi atau program tersebut pastinya memakan resource PC desktop atau laptop. Oleh karena itu, pastikan program atau aplikasi tidak mengganggu startup Windows anda. Jika anda baru saja menginstall aplikasi dan startup sistem anda menjadi lambat, segera cek startup impact di task manager, segera disable kalau startup impact aplikasi tersebut High. Karena aplikasi tersebut mempengaruhi startup anda, kemungkinan aplikasi tersebut dapat mempengaruhi performa komputer saat menggunakannya untuk aktivitas lainnya.

Bila masih terasa lambat juga, silahkan Upgrade komputer Anda! wink ~


EmoticonEmoticon