Cara Melakukan Roll Back Driver Windows

Saat melakukan update driver PC, tidak selalu driver dapat bekerja dengan semestinya. Terkadang terdapat bug atau tidak dapat bekerja pada driver versi terbaru. Untungnya Windows memiliki roll back driver yang dapat mengembalikan driver anda bekerja dengan lancar sama seperti terjadi error atau kesalahan pada driver yang baru diinstall.

Meskipun saat mengupdate driver selalu berjalan dengan lancar, namun versi yang diupdate terkadang memiliki fitur yang dapat mengatasi bug atau error, dan terkadang justru membawa masalah error yang mungkin tidak sesuai driver dengan hardwarenya atau disebabkan oleh masalah lain.

Cara Melakukan Roll Back Driver Windows

Cara Mengembalikan Driver Windows (Roll back Driver Windows)


Ketika anda melakukan roll back driver, Windows akan menguninstall driver yang sedang digunakan dan menginstal kembali ke versi sebelumnya. Windows selalu memiliki cadangan driver versi sebelumnya saat anda melakukan update driver untuk berjaga-jaga jikat terjadi masalah.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan roll back driver:



  1. Buka Device Manager, tekan tombol Windows + R, ketikkan devmgmt.msc dan enter.
  2. Saat jendela baru terbuka, cari perangkat yang merupakan sumber masalah.
  3. Klik kanan pada perangkat tersebut lalu pilih properties.
  4. Pada jendela baru, masuk ke tab Driver, dan klik Roll back driver.

    Cara Melakukan Roll Back Driver Windows
  5. Setelah anda klik Roll back driver akan muncul peringatan, pilih Yes.
  6. Tunggu proses pengembalian driver pada versi sebelumnya. Proses ini dapat memakan waktu beberapa menit, tergantung dari ukuran driver tersebut.


Proses paling lama mungkin saat anda mengembalikan driver dari kartu grafis. Karena kartu grafis memilki ukuran driver yang cukup besar. Saat anda menjalankan proses ini mungkin PC anda akan merestart setelah driver versi sebelumnya berhasil diinstall.

Satu hal yang perlu diingat, anda tidak dapat melakukan roll back driver pada perangkat printer.

Roll back driver dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada perangkat setelah anda melakukan update dan menginstall update driver versi terbaru. Demikian adalah cara mengembalikan driver windows melalui device manager menggunakan fitur Windows Roll back driver. Semoga cara diatas berguna dan dapat membantu anda jika terjadi masalah pada driver di sistem operasi Windows.


EmoticonEmoticon