Alasan untuk Melakukan Backup File

Mengapa anda harus membuat backup data? Jika anda belum pernah mengalami kehilangan data, mungkin anda memiliki pertanyaan tersebut. Melakukan backup untuk menjaga file atau data penting yang dapat berupa dokumen, email, contact, foto, music, dan sebagainya agar tidak kehilangan data tersebut dikarenakan alasan tertentu.

Beberapa Penyebab yang Menjadi Alasan Melakukan untuk Backup

Beberapa Penyebab yang Menjadi Alasan Melakukan untuk Backup


Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat anda melakukan backup dan beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan data loss atau kehilangan data. Entah itu di perangakat komputer, laptop, maupun gadget yang anda gunakan.

Hard Drive yang Tidak Bertahan Selamanya

Dari beberapa studi yang diungkapkan dari PCworld bahwa 12% hdd dapat mengalami masalah pada 3 atau 4 tahun pertama yang dikarenakan cacat dari pabrik, kegagalan yang acak dan beberapa bagian yang telah usang. Kerusakan dari pabrik kemungkinan dapat terjadi pada kurang lebih sekitar 18 bulan. Berapa lamakah anda sudah menggunakan hdd? apakah anda merasakan perubahan seperti lambatnya membaca data yang ada di hdd anda?

Hilang atau Pencurian

Meskipun anda memiliki perangkat penyimpanan terbaik dan memiliki proteksi virus yang sangat dapat diandalkan tidak dapat membantu jika mungkin laptop, smartphone, atau tablet anda berada ditangan orang lain atau mungkin anda kehilangan perangkat tersebut. Hanya backup yang dapat membantu anda.

Virus, Listrik yang Tidak Stabil, dan Kecelakaan

Beberapa virus dapat mengunci atau menghapus data anda secara permanen. Lonjakan listrik yang tidak stabil dapat merusak hdd jika anda tidak memiliki stablizer atau ups. Perangkat hdd eksternal yang terjatuh atau mengalami benturan keras juga memungkinkan dapat merusak perangkat penyimpanan data anda.

Perangkat yang Rusak

Mungkin anda pernah mengalami perangkat penyimpanan yang terkena air, sebagai contoh anda menyimpan USB flashdisk anda di saku celana anda dan celana tersebut dicuci dan lupa untuk mengeluarkan flashdisk tersebut. Perangkat akan rusak dan kemungkinan besar anda akan kehilangan data-data anda.

Human Error

Tidak ada manusia yang sempurna, dalam hal seperti ini pun terkadang secara tidak sengaja, mungkin anda lupa, mungkin anda mengalami lag (brain lag), atau mungkin anda kilaf. Secara tidak sengaja anda menghapus folder atau file penting dan anda tidak menyadarinya hingga ketika anda membutuhkan file tersebut dikemudian hari dan semuanya sudah terlambat. 


Perbedaan File Backup dan Sistem Backup

File backup berbeda dengan sistem backup. Sistem backup merupakan image yang dibuat sama yang memiliki seluruhnya yang ada di dalam hdd, seperti sistem operasi, file program, dan data pribadi anda. 

Sedangkan file backup merupakan backup yang hanya mencakup data pribadi atau file pribadi yang berupa dokumen, foto, music, dan sebagainya. Memiliki file backup lebih baik dibanding tidak memiliki backup sama sekali.

Sebaiknya anda melakukan sistem backup secara reguler untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu pada sistem anda, dan lebih baik lagi diikuti oleh backup file penting anda di perangkat lain.

Jadi, jika anda memiliki file yang sangat penting sebaiknya melakukan backup di beberapa perangkat dan juga membackupnya di jasa penyimpanan cloud seperti google drive, one drive, dropbox, dan seterusnya.

Diatas merupakan beberapa penyebab dan alasan yang dapat mengakibatkan hilangnya file-flie penting anda dan juga sedikit tentang perbedaan sistem backup dan file backup. 


EmoticonEmoticon