Cara Bermain Game atau Menjalankan Program Windows XP yang Tidak Kompatibel di Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi paling terbaru dan terus berkembang dari Microsoft. Memiliki banyak fitur serba guna yang mudah digunakan. Memang program atau game dari sistem operasi sebelumnya dapat berjalan baik di Windows 10. Mungkin jika Anda menghadapi beberapa program atau game dari jaman sistem operasi Windows XP yang tidak kompatibel atau tidak dapat dijalankan di Windows 10, Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah.

Cara Bermain Game atau Program Windows XP yang Tidak Kompatibel di Windows 10

Cara Menjalankan dan Bermain Game Windows XP di Windows 10


Jika Anda mungkin masih memiliki CD game-game dari masanya Windows XP seperti Time Commando, Dune 2000, Holiday Island, dan seterusnya dan ingin memainkannya. Namun, Anda sudah menggunakan sistem operasi Windows 10, hal tersebut tidak sepenuhnya tidak mungkin untuk bisa menjalankan game Windows XP. Karena beberapa game tersebut terkadang tidak dapat dimainkan di Windows 10

Dibawah merupakan beberapa langkah yang dapat dicoba agar bisa menjalankan game Windows XP di Windows 10. Meskipun mungkin tidak semua game Windows XP dapat dijalankan.

Menjalankan dengan Run as Administrator

Ini merupakan langkah paling awal dan paling mudah yang layak untuk dicoba. Karena setiap pengguna pada masa Windows XP dianggap sebagai Administrator, tidak ada salahnya mencoba menjalankan game Windows XP di Windows 10 sebagai Administrator. 

Pada Windows 10, secara default tidak dapat menjalankan sebagai Administrator dengan alasan fitur keamanan dari sistem tersebut. Untuk menjalankan program atau game sebagai Administrator cukup mudah, klik kanan pada file executable (.exe) game atau pada installer game lalu pilih Run as Administrator.

Menggunakan Program Compatibility Troubleshooter

Ikuti langkah berikut agar Windows 10 dapat menentukan pengaturan yang kompatibel pada saat Anda mencoba menjalankan sebuah program atau game.

  1. Buka Control Panel, lalu pilih Troubleshooting
  2. Setelah jendela beralih ke menu Troubleshooting, klik Run programs made for previous versions of Windows. Sistem akan mendeteksi dan menampilkan daftar program yang tersedia.

    Mengatasi program atau game yang tidak kompatibel
  3. Pilih program atau game yang tidak bisa dijalankan. Jika tidak ada dalam daftar pilih Not Listed, kemudian Next.
  4. Tentukan lokasi dimana program atau game itu berada, kemudian pilih file .exe dari program atau gamenya, lalu klik next.
  5. Akan muncul dua pilihan, pilih Try recommended settings. Kemudian Troubleshooter akan mengkonfirmasi apakah Anda dapat menjalankan program atau game tersebut.
  6. Jika sudah bisa, pilih Yes, save these settings for this program.

Apabila program tidak dapat dijalankan, coba untuk memilih pilihan No, try again using different settings, Anda tinggal mengikuti instruksi dari troubleshooter tersebut.

Menjalankan Game atau Program dalam Compatibility Mode

Windows 10 masih memiliki fitur untuk dapat menjalankan game dan program dari sistem operasi yang sebelumnya. Anda harus melakukan secara manual untuk mengganti pengaturan Compatibility Mode. Ikuti langkah dibawah ini.

  1. Klik kanan pada program atau game yang ingin dijalankan, pilih Properties.
  2. Pada jendela properties masuk ke tab Compatibility.

    Mengatasi program atau game yang tidak kompatibel
  3. Pilih Windows XP dari menu drop down. 
  4. Klik Apply lalu OK.
Diatas merupakan berbagai cara untuk dapat menjalankan program atau game Windows XP di Windows 10. Cara tersebut juga dapat digunakan untuk menjalankan program Windows 7, 8, 8.1 yang kemungkinan kecil tidak dapat dijalankan di Windows 10. Karena sebagian software pada versi Windows sebelumnya dapat berjalan dengan baik di Windows 10.

Sebenarnya tidak hanya game Windows XP, tapi juga dapat memainkan game classic Windows 98 seperti Death Rally, Rampage World Tour, Heretic 2, Warcraft 2, dan lainnya.

Jika cara diatas tidak ada yang berhasil, cara satu-satunya adalah dengan menggunakan Virtual Machine dan install sistem operasi Windows XP.

1 comments so far


EmoticonEmoticon