Cara Menghilangkan Cortana Search Box pada Windows 10

Siapa juga yang menggunakan Cortana untuk melakukan pencarian secara online. Super sekali, Anda pasti seorang super saiyan jika ingin menggunakannya, karena orang normal biasanya menggunakan google untuk searching di internet. Kebanyakan orang akan menggunakan google untuk melakukan pencarian, walaupun mungkin sedikit ada yang menggunakan duckduckgo atau bing. Namun pastinya dengan membuka browser dan tidak menggunakan Cortana. Jika Anda lebih suka memiliki lebih banyak ruang di baigan taskbar anda untuk ikon lainnya, anda dapat menyingkirkannya.


Cara menghilangkan cortana search box pada Windows 10 


Cortana merupakan asisten Windows yang seharusnya menyederhanakan kerja dengan komputer dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Namun, tidak semua orang menemukan fitur ini berguna atau diperlukan. Banyak pengguna mengklaim bahwa mereka hanya membutuhkan fitur pencarian Windows sederhana sesekali saja dan jarang untuk digunakan di pencarian di internet.

Sering kali saat kita menggunakan kotak pencarian untuk digunakan mencari file hanya di dalam sistem anda, Cortana terkadang secara otomatis akan melakukan pencarian secara online dengan otomatis membuka Microsoft Edge.

Oleh karena itu, memiliki kotak besar yang ingin Anda bertanya apa pun kapan saja mungkin tampak menjengkelkan. Ada tiga cara bagaimana Anda bisa membuat Cortana Search Box ridak mengganggu:

  1. Mengecilkan sizenya.
  2. Menyembunyikannya.
  3. Menghapusnya.

Jika Anda menggunakan Cortana untuk sesekali dan tidak ingin kehilangan salah satu fitur ini, Anda harus memilih opsi pertama dan hanya mengecilkannya. Kotak pencarian yang sangat besar akan diganti dengan ikon lingkaran kecil Cortana saja. Oleh karena itu, fungsi asisten apa pun tidak akan terpengaruh.

Jika Anda menyembunyikan search box Cortana dari taskbar, asisten Windows ini akan terus tetap berjalan di background dan Anda dapat melakukan hal lainnya.

Sebenarnya Anda dapat menggunakan fitur pencarian Windows biasa. Dan Anda dapat menonaktifkan Cortana sepenuhnya dan menyingkirkan kotak pencarian, pemberitahuan yang mengganggu, dan fitur lainnya.

Mengecilkan ukuran search box Cortana pada Windows 10

Jika Anda hanya ingin memberikan ruang di bagian taskbar dan terus menggunakan Cortana, Anda hanya perlu mengikuti tiga langkah sederhana dan mengecilkannya:

  1. Klik kanan pada search box (atau ruang kosong di taskbar).
  2. Pilih Cortana dari menu drop-down.
  3. Kemudian klik opsi Show Cortana Icon.

Setelah Anda mengkliknya, kotak pencarian Cortana yang besar akan segera hilang. Anda hanya akan melihat ikon kecil dengan logo lingkaran Cortana. Jadi, kapan pun Anda perlu menggunakan Cortana, Anda hanya perlu mengklik lingkarannya dan melakukan pencarian dengan Cortana.

Menyembunyikan Search Box Cortana dari Taskbar

Opsi ini memungkinkan untuk menyembunyikan Cortana dari taskbar. Jadi, jika Anda tidak memerlukan layanan asisten dari Windows ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan pada spasi di taskbar.
  2. Pilih Cortana dari menu yang muncul.
  3. Pilih opsi Hidden.

Kotak Pencarian Cortana akan disembunyikan dari tampilan taskbar anda. Namun, Cortana masih berjalan prosesnya di background. Dengan begitu anda akan mendapatkan space kosong di taskbar dan dapat diisi dengan icon program lain yang lebih sering digunakan atau diinginkan.

Untuk dapat menampilkan dan menggunakan Cortana, yang anda perlukan hanya klik kanan di taskbar kemudian arahkan mouse ke Cortana dan pilih "Show search box".

Cara Disable Cortana Sepenuhnya

Cara ini dapat dilakukan melalui Registry Editor. Sebelum melakukannya, anda disarankan untuk membuat System Restore Point, sehingga anda dapat mengembalikan ke kondisi sebelum kesalahan terjadi saat anda melakukan perubahan pada registry editor tersebut.Atau setidaknya anda melakukan export pengaturan registry, dengan begitu jika ada kesalahan anda hanya perlu melakukan import pengaturan registry ke kondisi sebelumnya.

Setelah Anda membuat System Restore Point atau membuat backup registry, anda sudah aman dan siap untuk melakukan perubahan di Registry Editor. Sekarang Anda dapat dengan aman mematikan Cortana.

  1. Klik Windows key + R, ketik regedit, dan tekan Enter.
  2. Arahkan ke "HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\Windows Search" pada panel kiri.
  3. Jika tidak ada opsi Windows Search, klik kanan pada folder Windows, pilih New, lalu tekan Key, dan beri nama folder sebagai Windows Search.
  4. Klik kanan Windows Search yang baru Anda buat dan kemudian pilih New.
  5. Klik pada DWORD (32-bit) Value dan beri nama AllowCortana.
  6. Kemudian klik dua kali pada AllowCortana dan atur nilainya menjadi 0.
  7. Reboot PC Anda.

Jika nanti Anda memutuskan atau menginkan untuk mengaktifkan Cortana kembali, akses Registry Editor seperti yang dijelaskan di atas dan ubah nilainya dari 0 ke 1.

Menggunakan Cortana?

Dengan anda mengecilkan size atau ukuran pada kotak search Cortana, Cortana masih dapat digunakan dengan mengeklik tombol ikon lingkaran Cortana dan melakukan pencarian file dalam sistem anda atau pencarian ke internet.

Saat anda menyembunyikan kotak pencarian Cortana, kotak pencarian dan ikon Cortana tidak akan muncul di taskbar. Jadi anda akan memiliki ruang yang dapat digunakan ikon program lain. Tetapi, proses Cortana masih berjalan di background dan dapat anda lihat di Task Manager dan anda juga akan melihat Cortana akan memakan sedikit resource CPU dan RAM.

Jika anda melakukan disable Cortana sepenuhnya, kotak pencarian dan proses background Cortana akan hilang sepenuhnya. Dengan begitu Cortana tidak akan memakan resource komputer dan mengisi bagian taskbar anda. Namun untuk menampilkan Cortana kembali, anda perlu mengikuti langkah dari cara ke-tiga dan mengubah value dalam registry editor.

Demikian artikel ini tentang bagaimana cara menghilangkan atau menonaktifkan Cortana di Windows 10. 


EmoticonEmoticon