Cara Membuat System Restore Point Pada Windows 10

Cara membuat system restore point Windows 10

Apa itu Windows 10 System Restore Point? Merupakan fitur windows yang menciptakan snapshot file dan informasi tertentu sebelum operasi penting seperti update atau instalasi software. System Restore memungkinkan pengguna Windows untuk kembali ke keadaan sebelumnya, di mana windows bekerja dengan lancar tanpa mempengaruhi dokumen apa pun. Ini merupakan langkah pertama yang penting ketika Anda mencoba untuk memperbaiki masalah besar pada Windows.

System Restore melacak dan membuat snapshot untuk perubahan tertentu seperti instalasi software, instalasi update windows, instalasi driver, dan software update, dan memungkinkan pengguna windows untuk mengembalikan PC mereka ke keadaan sebelumnya jika setelah melakukan aktivitas tertentu yang menyebabkan masalah pada windows.

Fitur ini seperti backup, fitur ini tidak akan memengaruhi dokumen atau setting Anda sebelum pembuatan restore point tertentu. Namun, ini akan menghapus aplikasi, driver, update sistem, dan perubahan registri setelah restore point dibuat.

Cara Membuat Windows 10 System Restore Point


Anda mungkin perlu menyalakan Windows 10 System Restore utility. Secara default system restore point tidak menyala di komputer dengan Windows yang terinstal sebelumnya. Saat Fitur ini diaktifkan dan dikonfigurasikan dengan benar, Windows menghasilkan restore point saat Anda menginstal aplikasi baru, driver perangkat atau update Windows. Dan Anda dapat menggunakannya nanti untuk memperbaiki masalah pada windows. Anda harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu pada sistem Windows Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur System Restore pada Windows 10.

Pada start menu search Windows 10 Ketikkan "create restore point" dan pilih dari hasil pencarian. Atau dengan cara membuka kontrol panel. Ganti ikon ke ukuran kecil dan klik Recovery. Ketika layar advanced recovery tools muncul, pilih System Restore. Anda juga dapat membuka system property dari klik kanan pada my computer -> properties -> dan pilih system protection di sebelah kiri.

Cara membuat system restore point pada Windows 10

Jendela System properties windows. Pilih Drive yang digunakan untuk menginstal windows Anda (contoh: windows saya diinstal di drive C:) dan klik pada configure. Ini akan membuka jendela sistem proteksi untuk Local Disk C: pilih Turn on System Protection. Cocokan seperti gambar dibawah.

System Protection Local Disk
Tampilan untuk mengatur besar kecil alokasi drive space yang digunakan untuk System Restore Point

Konfigurasi untuk System Restore pada Windows 10

Setelah mengaktifkan system protection Anda harus menyesuaikan space disk untuk mengelola dan menyimpan System Restore point. System Restore tidak dapat bekerja tanpa drive space untuk menyimpan titik pemulihannya. Anda harus mengatur jumlah disk space, Di bawah "Disk Space Usage," Anda dapat menyesuaikan drive space maksimum yang didedikasikan untuk menyimpan restore point. Secara default, Windows hanya menggunakan persentase kecil dari total penyimpanan yang tersedia dari drive tertentu, dan karena ruang yang disediakan terisi, restore point yang lebih lama akan terhapus untuk memberi ruang untuk yang restore point yang baru. Anda dapat secara manual mengatur disk space yang digunakan.

Terdapat tombol Delete yang akan menghapus semua restore point yang disimpan saat ini. Anda mungkin ingin menggunakan opsi ini ketika Anda perlu membuat restore point manual, dan Anda tidak dapat mengalokasikan lebih banyak space.

Dengan perubahan yang dilakukan, klik Apply lalu OK untuk menyimpan konfigurasi baru Anda dan tutup jendela. System Restore sekarang akan diaktifkan untuk drive yang telah Anda pilih, dan Anda dapat membiarkannya beroperasi secara otomatis di latar belakang atau secara manual membuat restore point sesuai keinginan.

Cara Buat System Restore Point Secara Manual

Sekarang Anda telah mengaktifkan Restore Point pada system Anda, sistem operasi akan membuat titik pemulihan secara otomatis setiap kali terjadi perubahan signifikan. Terkadang Anda mungkin ingin membuat titik pemulihan sistem secara manual sebelum mengubah apa pun yang menurut Anda dapat menyebabkan error. Berikut cara untuk mengkonfigurasi restore point secara manual.

Pada System Properties cukup klik tombol Create, dan ketik deskripsi untuk membantu Anda mengidentifikasi titik pemulihan (misalnya, System Restore Point sebelum menginstal aplikasi).

Kemudian klik tombol Buat untuk menyelesaikan proses. (Pembuatan restore point berjalan dengan cepat, tidak lebih dari 1 menit).

Cara membuat system restore point manual Windows 10
Proses pembuatan System Restore Point secara manual

Jika Anda mengalami masalah dan perlu melakukan System Restore. Cukup kembali ke jendela yang sama dan klik System Restore untuk menjalankan restore point interface.

Menjalankan System Restore Untuk mengembalikan sistem Anda

Apabila suatu saat Anda mengalami masalah sebelum menggunakan backup atau fitur "Reset this PC" pada Windows 10. Anda dapat menggunakan System Restore Point, yang lebih cepat dan mudah untuk memperbaiki dengan mengembalikan sistem ke sebelumnya ketika windows masih berjalan lancar. Di bawah cara untuk Melakukan System Restore pada Seluruh sistem Windows.

Buka Control panel, ubah view by menjadi small icons lalu pilih Recovery. Klik pada Open System Restore. Ini akan membuka Recovery system files dan jendela pengaturan.
Menjalankan System Restore Untuk mengembalikan sistem Anda
Tampilan Jendela System Restore Untuk mengembalikan sistem Anda

Sekarang klik "Next", Anda akan diperlihatkan semua restore point yang tersedia dengan tanggal, deskripsi dan yang lebih penting, Anda juga akan melihat jenisnya, apakah itu dibuat secara manual atau oleh sistem.

Ketika Anda memilih restore point, Anda dapat mengklik "Scan for affected programs" untuk melihat aplikasi yang diinstal dari restore point terakhir, yang akan dihapus selama proses recovery. Klik Batal untuk kembali ke wizard.

Konfirmasikan jendela 10 titik pemulihan sistem

Sekarang klik next dan akan muncul jendela untuk mengkonfirmasi restore point Anda pilih. Periksa kembali apakah sudah sesuai atau belum. Klik finish untuk memulai proses recovery.
Konfirmasi System Restore
Tampilan untuk Mengkonfirmasi System Restore

Ketika Anda mengklik Finish proses System Recocery akan berjalan tidak dapat diganggu. Apakah Do you want to continue ? klik Yes untuk memulai proses System Recovery. Selama proses recovery, Anda akan melihat, please wait while your windows files and settings are being restored. System Restore initializing, finishing dst. Ini akan membutuhkan beberapa waktu hingga proses selesai.

Selama proses ini berjalan sistem Anda akan ter-restart sendiri dan akan menerapkan kembali semua pengaturan yang diperlukan untuk sistem Anda. Ketika pemulihan sistem Anda selesai, Anda akan mendapat pesan popup, "Windows System Restore completed successfully".

Cara Membuat System Restore Point Pada Windows 10
Windows System Restore Berhasil

Setelah proses selesai, Anda akan kembali ke posisi sistem Anda ketika bekerja dengan benar. Semoga Anda akan menemukan manfaat dari Cara Membuat System Restore Point Pada Windows 10.


EmoticonEmoticon