Apa itu VPN (Virtual Private Network) dan Cara Kerja VPN

Virtual Private Network (VPN) merupakan sebuah layanan yang membuat koneksi pribadi anda aman dan terenkripsi dari jaringan yang kurang aman di Internet. Atau Anda dapat mengatakan VPN adalah terowongan aman (Secure Tunnel) antara dua atau lebih perangkat yang digunakan untuk melindungi traffic web pribadi dari gangguan dan penyensoran.

Teknologi VPN dikembangkan sebagai cara untuk memungkinkan pengguna jarak jauh dan kantor cabang untuk terhubung secara aman dan mengakses aplikasi perusahaan dan sumber daya lainnya. 3 alasan utama mengapa penggunaan perangkat lunak VPN ini untuk privasi online.

Apa itu VPN (Virtual Private Network) dan Cara Kerja VPN

Menggunakan VPN akan menyembunyikan alamat IP dan lokasi Anda, Mengenkripsi komunikasi Anda dan dapat melewati pembatasan regional pada situs video dan streaming musik dan membantu Anda menghindari pembatasan sensor dari pemerintah.

Bagaimana cara kerja VPN?


Ketika Anda terhubung ke jaringan VPN, akan terbentuk secure tunnel antara komputer Anda dan server VPN. Semua data di saluran ini ter-enkripsi, yang artinya semua lalu lintas jaringan, dari suara ke teks hingga video, melewati lorong yang aman antara komputer klien dan server VPN. Penyedia Internet Anda tidak akan dapat melihat halaman web yang Anda kunjungi di Internet. Selain itu, lokasi alamat IP Anda akan diubah ke wilayah tempat server VPN berada. Dengan cara ini, Anda dapat memilih negara, di mana Anda akan diidentifikasi sebagai pengguna Internet.

Setelah Anda terhubung ke VPN Anda berada "di dalam terowongan," dan menjadi sangat sulit bagi orang lain untuk memata-matai aktivitas penjelajahan web Anda. Satu-satunya orang yang akan tahu apa yang Anda lakukan adalah penyedia dari VPN (biasanya dapat dikurangi dengan koneksi HTTPS) dan situs web yang Anda kunjungi. Ini berarti setiap kali Anda mengirim dan menerima data saat menggunakan VPN, Anda tidak perlu khawatir tentang hacker atau mata-mata yang mencegat komunikasi Anda atau melanggar privasi Anda.

Mengapa Anda Perlu VPN?

Apakah layanan VPN diperlukan? Jawabannya sederhana jika Anda sangat ketat tentang aktivitas online Anda, tidak ingin berbagi dengan orang lain Anda perlu menggunakan layanan VPN yang menawarkan keseimbangan fitur yang solid, lokasi server, protokol konektivitas. Atau Anda dapat mengatakan Gunakan layanan VPN untuk privasi online yang lebih baik.

Manfaat VPN

Akses konten yang diblokir: Mengakses konten yang diblokir seperti reddit atau konten yang "bermanfaat" namun diblokir, adalah manfaat yang jelas dari VPN.

Jangan biarkan ISP memata-matai data Anda: VPN mengenkripsi data Anda, yang berarti ISP tidak dapat memantau aktivitas online Anda.

Negara-negara seperti Korea Selatan, China, Vietnam, dan Tunisia, dan ketika Anda berada di negara-negara ini, VPN sangat diperlukan. Misalnya, China memblokir situs-situs utama seperti Gmail, Google Maps, YouTube, Facebook, Twitter, Instagram, Dropbox dan menggunakan VPN Anda dapat memilih lokasi server yang berbeda dan menggunakan situs-situs ini di negara-negara yang dibatasi aktivitas online nya. Karena dengan VPN Anda dapat mengganti IP menjadi luar negeri.


Advertisement

Apakah VPN Meningkatkan Pengalaman ber-Internet?

Konfigurasi VPN tidak hanya membuat Anda tetap aman saat online, tetapi juga akan meningkatkan pengalaman Internet Anda secara keseluruhan. Menggunakan layanan VPN dapat meningkatkan *kecepatan Anda dengan membantu Anda mengalahkan pembatasan dan memotong jaringan yang sibuk dan juga solusi untuk Internal Server Error dari ISP. Menggunakan VPN juga dapat membantu Anda melewati jaringan dan sensor yang membatasi, mengalahkan retensi data. Ketika Anda menggunakan VPN, lokasi Anda disamarkan tergantung dari pilihan server Anda.

*Catatan: Kecepatan internet tergantung dari servis VPN yang digunakan, jika Anda menggunakan VPN berbayar maka dapat meningkatkan kecepatan dari internet Anda. Sedangkan Free VPN atau VPN gratis kemungkinan besar kecepatan (bandwidth) akan dibatasi.

VPN Gratis vs VPN Berbayar

Bagi mereka yang berpikir tentang VPN Gratis, ada banyak pilihan gratis dari perusahaan terkemuka, namun ini biasanya merupakan pengganti yang buruk untuk opsi berbayar. Layanan gratis biasanya memungkinkan penggunaan bandwidth dalam jumlah terbatas per bulan atau menawarkan layanan yang lebih lambat.

Dan yang paling penting adalah tingkat keamanan yang rendah. Layanan VPN gratis membuat sejumlah besar pengguna tanpa memikirkan keamanan layanan mereka. Seringkali, jika tidak selalu, lalu lintas pengguna layanan ini ditransmisikan dalam bentuk yang jelas, membuatnya tersedia bagi semua orang.

Untuk VPN berbayar, mereka akan mengutamakan privasi Anda. Dimana Anda mendapatkan keamanan tingkat tinggi dan membiarkan Anda menggunakan PPTP, L2TP / IPSEC, OpenVPN, SSTP dan bahkan SSH untuk menyalurkan koneksi Anda dengan aman. Menggunakan VPN berbayar Anda akan mendapatkan kecepatan dan bandwidth internet yang sangat baik.
  • Anonimitas penuh
  • Akses ke situs web asing, situs web dengan pembatasan geografis, konten dan layanan streaming
  • Koneksi aman untuk perangkat Anda
  • Melindungi Anda dari peretas
  • Memungkinkan Anda secara anonim dan menggunakan torrent dengan aman, terutama jika itu dilarang di negara Anda
Untuk pilihan VPN berbayar atau gratis itu tergantung Anda. Jika hanya ingin lolos dari sensor dan membuka situs-situs yang memiliki hal-hal "bermanfaat" mungkin cukup menggunakan VPN gratis.


EmoticonEmoticon